Sabtu, 23 Februari 2013

Pentingnya Sahabat | Pidato

Pentingnya Sahabat


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

     Yth. .............


     Pertama marilah kita panjatkan puji syukur kepada ALLAH SWT yang telah memberikan berbagai nikmat sehingga kita dapat berkumpul diruangan ini dalam keadaan sehat.

     Yang kedua, salawat serta salam semoga tetap tercurah selalu pada Nabi Muhammad SAW. Tujuan saya hadir disini adalah untuk membicarakan pidato saya yang berjudul "Pentingnya Sahabat".

     Dalam pertemanan kita boleh saja tidak pandang bulu, mau berteman dengan orang jalanan, orang rumahan, orang luar, orang dalam bahkan orang-orangan sekalipun, tetapi mencari sahabat itu wajib selektif. Karena pepatah bijak mengatakan "Persahabatan itu seperti kopi yang tumpah di kemeja putih, orang-orang bisa melihatnya tatapi hanya andalah yang dapat merasakan kehangatannya".

     Apa yang kita alami demi teman terkadang melelah dan menjengkelkan, tetapi itulah yang membuat persahabatan mempunyai nilai yang indah. Persahabatan sering menyuguhkan beberapa cobaan, tetapi persahabatan sejati bisa melewati percobaan itu bahkan bertumbuh bersama karenanya.

     Persahabatan tidak terjalin secara otomatis, tetapi membutuhkan proses yang panjang seperti besi menajamkan besi, demikianlah sahabat menajamkan sahabatnya.

     Persahabatan diwarnai dengan berbagai pengalaman suka dan duka, dihibur -- disakiti, diperhatikan -- dikecewakan, didengar -- diabaikan, dibantu -- ditolak, namun semua ini tidak pernah sengaja dilakukan dengan tujuan kebencian.

     Seorang sahabat tidak akan menyembunyikan kesalahan untuk menghindari perselisishan, justru karena kasihnya ia memberanikan diri menegur apa adanya. Sahabat tidak pernah membungkus pukulan dengan ciuman, tetapi menyatakan apa yang amat menyakitkan dengan tujuan sahabatnya mau berubah.

     Proses dari teman menjadi sahabat membutuhkan usaha pemeliharaan dari kesetiaan, tetapi bukan pada saat kita membutuhkan bantuan barulah kita memiliki motivasi mencari perhatian, pertolongan dan pernyataan kasih dari orang lain, tetapi ia berinisiatif memberikan dan mewujudkan apa yang dibutuhkan oleh sahabatnya.

     Kerinduannya adalah menjadi dari bagian kehidupan sahabatnya, karena tidak ada persahabatan yang diawali dengan sikap EGOIS.

     Semua orang pasti membutuhkan sahabat sejati, namun tidak semua orang berhasil mendapatkannya. Banyak pula orang yang telah menikmati indahnya persahabatan, namun ada juga yang begitu hancur karena dikhianati sahabatnya.

     Mempunyai satu sahabat sejati lebih berharga dari seribu teman yang mementingkan diri sendiri. Seperti kata Helen Keller "Berjalan dengan seorang teman di kegelapan lebih baik daripada berjalan sendirian dalam terang".

     Persahabatan dan sahabat itu sulit dicari dan lebih sulit lagi melupakannya.
  • Teman akan memberikanmu senyuman, sahabatkan membuatmu bahagia.
  • Teman akan membicarakan baik buruknya dirimu, sahabat akan tutup mulut dengan kesalahanmu.
  • Teman akan takjub akan kelebihanmu, tetapi hanya sahabatlah yang mampu menerima kekuranganmu.
  • Seribu teman akan datang saat kau tertawa, dan cuma seorang sahabatlah yang ada saat kau sedih.
     Pernah kalian berfikir sahabat atau pacar?
  1. Pacar, pacar adalah seorang pasangan cowok atau cewek. Pacar bisa selingkuh, pacar pun tak abadi, belum tentu pacar selalu ada buat kita.
  2. Sahabat, sahabat adalah teman yang paling dekat dengan kita, bahkan akan selalu melekat abadi di hati kita. Sahabat selalu ada buat kita, sahabat tak akan selingkuh.
     Sekarang, pada suatu hari kalian sangat mencintai seseorang, kalian telah jadian dengan seseorang itu, tetapi sikap kalian terhadap sahabat kalian berubah karena pasangan kalian, apa yang kalian lakukan? Apa kalian tetap jadian dengan pasangan kalian tetapi kalian lupa dengan sahabat kalian atau meninggalkan pasangan kalian dan kembali dengan sahabat kalian? Apa kalian tega dengan sahabat kalian yang telah pengertian dengan kalian demi satu cinta?! Mungkin hanya orang buta karena cinta yang tega meninggalkan sahabatnya begitu saja.
     Ingat!!!
     Sahabat itu tak akan selingkuh dan lebih berharga dari satu cinta ataupun beribu-ribu emas sekalipun!
     Maka dari itu, jangan sia-siakan sahabat kalian, karena kita takkan tau seberapa berharganya mereka sampai kita merasakan kehilangan atas diri mereka. Itulah pidato dari saya, bila ada kurangnya saya mohon maaf.


Wassalamu'alaikum Wr. Wb.



Bagaimana gan? bagus bukan? silahkan berikan komentar anda tentang pidato ini dan beri reaksi anda, Trims...

4 komentar

Anonim

makasih ya pidatonya. berharga banget nih.. sekali lagi, makasih banyak ya :)

Sulthan Fa 11 Oktober 2013 08.25

Iya sama2 gan..
Makasih jg gan dh mampir ke blog saya :)

Enrico9a methodist6 19 November 2014 01.11

Keren Mas Bro (y) ™

Faishal Than 23 Januari 2015 19.49

@Enrico9a Maksih gan :D jgn lupa mampir lagi yaa :D

Poskan Komentar