Rabu, 26 September 2012

Penyakit Gonorhoe

Gonorhoe adalah penyakit yang diakibatkan oleh infeksi bakteri Neisserria Gonorhoeae, jenis bakteri gram negatif dimana dalam pewarnaan gram bakteri ini akan berwana  merah. Bentuk bakeri ini diplokokus dengan ukuran 1 mikron.

Gejala Klinis Penyakit Gonore
Keluhan dan gejala klinis yang terjadi tergantung pada lokasi kelainan atau akibat terjadi komplikasi .
- Gonore Genital : Penderita mengeluh sakit bila kencing dan terjadi kencing nanah
- Gonore Oral : Penderita mengeluh nyeri saat menenlan, terjadi karena oral seks
Komplikasi sistemik terjadi karena kuman menyebar melalui darah mencapai jaringan organ tubuh lain. Gejala tergantung pada lokasi organ serta berat ringannya kelainan, maka keluhan dan gejala komplikasi yang terjadi dapat merupakan keluhan dan gejala dari sinovitis, arthritis, endokarditis, meningitis, obstruksi saluran kencing, gejala akibat kerusakan ginjal, sepsis, kemandulan, sedang komplikasi pada mata dapat menyebabkan kebutaan.

Diagnosis Penyakit Gonore
Dari gejala klinik belum dapat diambil Diagnosis pasti, sehingga ditegakkan melalui pemeriksaan mikrobiologis :
-Cairan ureter penderita laki-laki, apusan serviks perempuan, dan bahan infektif lainnya di lakukan pengecatan gram : Hasil positif bila ditemukan kuman Gonore yang bersifat gram negatif yang spesifik
-Biakan bahan infektif menggunakan medium Thailer Martin: Positif bila menunjukkan koloni bakteri Neissiria Gonoghoae yang khas
-Pemeriksaan antibody fluoresen uji sifat biokimia lainnya.

Pengobatan Penyakit Gonore
Pengobatan dapat menggunakan berbagai jenis antibiotika seperti
-Penisilin : Amoxcilin dan ampisilin
-Quinolon: Ofloxacin dan norfloxacin
-Cephalosporin : Cepodoxime proxetil, cetriaxone disodium,
-Aminoglikosida : Gentaminin sulfat

Pencegahan Penyakit Gonore
Pencegahan penularan Pencegahan penularan terutama ditujukan pada pekerja seks komersia (PSK) yang menjadi sumber utama penularan, dengan mengobati secara tepat dan memeriksa kesehatan seksual secara teratur. Untuk pencegahan gonore pada mata bayi anak penderita gonore, mata bayi ditetesi perak nitrat atau penisilin, segera setelah bayi dilahirkan.

0 komentar

Poskan Komentar