Rabu, 07 November 2012

Dunia Dinosaurus



Ada banyak binatang yang hidup di Bumi lama sebelum manusia ada. Jenis-jenis binatang yang berbeda hidup di zaman yang berbeda. pada suatu waktu, binatang yang paling besar dan paling cepat di Bumi adalah dinosaurus.

Apakah dinosaurus itu ?
Dinosaurus termasuk dalam kelompok binatang yang disebut reptil. Semua reptil mempunyai kulit yang bersisik. Kulit burung juga ada yang bersisik, sehingga para ahli menduga bahwa burung adalah sejenis dinosaurus juga.
Semua dinosaurus hidup di daratan. Beberapa jenis dinosaurus memangsa binatang lain sebagai makanannya, tetapi banyak di antaranya memakan tumbuh-tumbuhan. Sebagian besar dinosaurus punah 65 juta tahun yang lalu, lama sebelum manusia yang pertama muncul. Hanya burung-burung yang bertahan hidup.

Bayi dinosaurus tumbuh di dalam telur yang dikeluarkan
oleh induknya. Bayi-bayi dinosaurus ini baru saja
keluar dari telur mereka.
Peristiwa ini disebut menetas.


Diplodocus adalah dinosaurus yang sangat besar dan pemakan tumbuhan. Ukurannya lebih panjang daripada dua buah bus yang dijajarkan depanbelakang

Ini adalah Triceratops. Jenis ini mempunyai tanduk untuk
menyingkirkan penyerangnya.

Dinosaurus yang ganas ini disebut Tyrannosaurus rex.
Ini adalah pemakan daging. Tyrannosaurus rex lebih tinggi daripada gajah. Dinosaurus ini mempunyai gigi-gigi yang panjang dan tajam untuk mengoyak daging. Cakar untuk memegang makanan.



Laut dan langit
Pada zaman dinosaurus, ada banyak reptil yang terbang dilangit juga. Reptil seperti itu disebut pterosaurus. Reptil-reptil berbadan besar lainnya berenang di laut.


Reptil laut ini disebut Ichthyosaurus dan merupakan
perenang yang sangat kuat.



Pterosaurs mempunyai sayap yang besar dan kasar.
Pterosaurs ini disebut Pteranodon.















0 komentar

Poskan Komentar