Kamis, 08 November 2012

Tata Surya

      Tata surya kita terdiri atas Bintang, Planet, Komet, Asteroid, dan benda-benda langit lain yang membentuk satu sistem. Pusat sistem tata surya kita adalah Matahari.

Susunan planet dalam tata surya


      Sejak ditemukannya Pluto pada tahun 1930, para astronom memasukkan pluto dalam kategori planet dalam tata surya kita, sehingga sampai tahun 2006 ada sembilan planet dalam tata surya kita. Namun, dalam konferensi tanggal 24 agustus 2006 di Cekoslovakia, para astronom yang tergabung dalam organisasi astronomi internasional (International Astronomical Union, IAU), memutuskan bahwa pluto tidak termasuk dalam kategori planet. Menurut para astronom, benda langit bisa dikategorikan sebagai planet jika memenuhi kriteria sebagai berikut.

  • Mempunyai ukuran diameter lebih besar dari 2.000 km. Berbentuk bulat, dan
  • Memiliki orbit yang tidak memotong orbit planet lain.
      Orbit pluto sedikit di bawah orbit Neptunus. Ukuran planet pluto jauh lebih kecil dari delapan planet lainnya dalam sistem tata surya. Ukuran planet pluto bahkan lebih kecil daripada satelit (Bulan) dari sistem tata surya (Bulan dari Bumi, Bulan dari Yupiter: Io, Europa, Ganymede, Callisto, Titan dan Tritan). Sehingga berdasarkan hasil kajian para astronom modern, terdapat delapan planet dalam tata surya kita, yaitu Merkurius Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus, yang selalu beredar mengelilingi matahari.

      Planet yang terletak antara matahari dan sabuk asteroid disebut planet dalam, sedangkan planet-planet yang terletak di luar sabuk asteroid (dilihat dari matahari) disebut planet luar.

0 komentar

Poskan Komentar