Kamis, 08 November 2012

Galaksi Dan Rasi

      Pada waktu malam hari yang cerah, sobat dapat melihat ribuan bintang di langit sebagai titik-titik cahaya. Sesungguhnya yang sobat lihat itu belum seluruhnya. Ada jutaan bahkan milyaran bintang-bintang lain yang tidak mampu sobat lihat.

      Bintang-bintang di langit,gas dan debu saling mengikat karena adanya gravitasi, menyatu membentuk kelompok-kelompok raksasa yang disebut Galaksi. Di jagad saya terdapat banyak galaksi, dan milyaran bintang tersebar di setiap galaksi. Kita hidup di galaksi Bima Sakti, yang mengandung sekitar 200 milyar bintang, salah satu bintang tersebut adalah Matahari. Jadi, matahari kita hanyalah satu di antara milyaran bintang dalam salah satu galaksi. Betapa luas dan raksasanya jagad raya ini, dan betapa agungnya Sang Maha Pencipta.



      Semua bintang bergerak mengelilingi pusat galaksi. Matahari mengelilingi pusat galaksi Bima Sakti, dengan sekali putaran membutuhkan waktu 240 juta tahun. Selain galaksi Bima Sakti kita mengenal galaksi Andromeda, awan Magellan besar, dan galaksi-galaksi yang diberi nama berseri misalnya galaksi NGC (New General Catalog) 4565.

      Sekelompok bintang dalam galaksi yang sama dapat menghasilkan suatu bentuk tertentu jika dilihat dari bumi. Kelompok bintang ini disebut Rasi Bintang, misalnya rasi bintang Ursa Mayor atau rasi bintang Biduk Besar. Beberapa Rasi Zodiak yang sudah sobat kenal, yaitu rasi bintang Cancer,Leo dan Virgo. Masyarakat indonesia akrab dengan Rasi Pari atau Gubuk Penceng dan Rasi Waluku.

0 komentar

Poskan Komentar